Waspada Terhadap Kabut Asap! Ini Dia Cara Mengurangi Pengaruh Buruknya




Waspada Terhadap Kabut Asap! Ini Dia Cara Mengurangi Pengaruh Buruknya

Infoterkini91.blogspot.com - Seperti yang kita ketahui semua saudara setanah air dan sebangsa kita yang berada di Provinsi Riau, Jambi, Palembang, Sumatara Barat, dan juga bahkan beberapa provinsi lainya di Provinsi Kalimantan semua sedang mengalami akan musibah yang tidak dapat jadi untuk diremehkan. Dari tahun ke tahun tentunya musibah ini juga terus menerus terjadi dan juga sampai sekarang ini belum dapat menemukan sebuah solusi untuk  cara dapat mengatasinya. Hanya saja hujan yang bisa dan dapat membuat kabut asap tersebut menghilang dan peristiwa tersebut akan terjadi lagi pasalnya hal yang serupa juga setelah hujan kembali berhenti. Tetapi sekarang kita juga tahu bahwa hampir seluruh daerah di wilayah di Indonesia ini sedang mengalami kekeringan kecuali Provinsi Aceh.

Yang harus dan perlu kita perhatikan adalah bahwa dampak burukny dari kabut asap itu sendiri untuk kesehatan kita. Terutama untuk kesehatan pada anak-anak dan juga orang tua yang sudah berusia lanjut. Kabut asap ternyata bisa dapat mengakibatkan iritasi pada mata, hidung, serta memacu asma, penyakit paru-pari obstruktif, dan juga memperberatnya. Bahkan pada sebagian mereka yang rentan seperti anak bayi dan juga orang tua juga dapat mengakibatkan penyakitnya menjadi komplikasi dan infeksi paru yang juga berat atau (pneumonia), beberapa jenis penyakit jantung kronis juga dapat menjadi diperberat oleh dampak kabut asap ini lho. Di kutip dari situs republika.co.id ini dia beberapa penyakit yang bisa dan dapat terjadi akibat dampak kabut asap ialah

1. Kabut asap bisa dapat menyebabkan iritasi pada mata anda, hidung anda, dan juga tenggorokan anda, serta juga menyebabkan sebuah reaksi yang alergi, peradangan dan juga mungkin infeksi.

2. Kabut asap ini dapat juga memperburuk penyakit asma anda dan juga penyakit paru-paru kronis lainya, seperti contoh bronkitis kronik, seperti PPOK dan lainya.

3. Kemampuan kerja pada oragan paru-paru menjadi dapat berkurang dan juga dapat menyebabkan orang mudah menjadi lelah,lemas dan mengalami kesulitan untuk bernapas.

4. Mereka yang sudah berusia lanjut dan pada anak-anak (juga mereka yang juga mempunyai penyakit kronik) dengan ketahanan daya tahan tubuh cukup rendah akan menjadi lebih rentan lagi untuk mendapatkan gangguan kesehatanya.

5. Kemampuan organ paru dan juga saluran pernapasan tersebut mengatasi infeksi menjadi berkurang , sehingga dapat juga menyebabkan menjadi lebih mudah terjadinya infeksi.

6. Secara luas maka untuk berbagai penyakit kronik lainya juga dapat menjadi memburuk

7. Bahan polutan yang terdapat pada asap kebakaran hutan tersebut yang jatuh ke semua permukaan bumi ini juga mungkin dapat untuk jadi sumber polutan pada sarana air bersih dan juga makanan yang tidak dapat terlindungi

Nah untuk mengurangi dampak dari pengaruh buruk pada kabut asap ini, saya ada beberapa tips nih yang bisa anda lakukan agar kesehatan kita menjadi bisa tetap terjaga dan aman dari dampak kabut asap dan kita dapat meminimalisir akan pengaruh buruknya, ini dia tipsnya di bawah ini:

1.      Gunakanlah masker. Bila Anda hendak keluar rumah anda, maka gunakanlah  masker yang memenuhi standar SNI dan gunakanlah juga dengan secara benar. Bila anda tidak ada masker, bisa juga gunakan sapu tangan anda. Sebaiknya gunakan masker dan sapu tangan agak dibasahi sesering mungkin. Masker dan juga sapu tangan ini tidak menjamin penuh bahwa Anda akan terlindungi dengan sangat sempurna. Masker yang Standar N 95 itu lebih direkomendasikan.
2.      Kurangi aktifitas di luar rumah. Mengurangi aktifitas kita di luar rumah apalagi terutama bagi mereka yang sangat rentan seperti pada usia lanjut, pada anak-anak, anak bayi, para penderita penyakit kronis juga seperti kelainan jantung serta paru-paru sangat penting sekali. Kontak yang sangat lama dengan pencemaran udara yang tercemar ini tentunya akan dapat memicu kambuhnya penyakit-penyakit seperti asma, infeksi pada saluran pernafasan, iritasi pada mata dan juga sebagainya
3.      Bila Anda di dalam rumah, dan kebetulan Anda juga mempunyai AC (Air Conditioner), hidupkanlah AC Anda. Karena di dalam rumah juga upayakan anda tidak menambah berbagai sumber asap lain, seperti ketika anda merokok, memasak dengan kayu bakar dan lain-lain.
4.      Nutrisi yang baik. Nutrisi yang baik juga, daya tahan tubuh juga yang kuat dapat menentukan respon tubuh kita terhadap dampak pengaruh lingkungan yang tidak baik. Namun Bila saja daya tahan tubuh kita jelek, Anda juga mengalami seperti flu, flu ini juga dapat menjadi menyebabkan komplikasi pada pnemoni atau ama, dan itu juga sangat berbahaya sekali terutama untuk anak bayi, balita dan juga para usia lanjut. Karena itu anda harus perbaiki daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi nutrisi yang dibilang cukup seperti anda banyak mengkonsumsi sayuran, buah-buahan dan juga bila perlu suplemen seperti vitamin
5.      Bila Anda menderita asma dan penyakit paru kronis lainnya juga, usahakan anda tidak ke luar rumah. Kadang-kadang walau Anda tidak ke luar rumah anda, kabut asap itu juga masih bisa masuk ke dalam rumah, asma Anda bisa  menjadi kambuh. Karena itu harus ada obat-obat asma yang biasa sering Anda konsumsi dan tersedia di  dalam Rumah untuk dalam waktu beberapa hari. Demikian juga bagi anda penderita jantung.
6.      Istirahatlah yang cukup. Istirahat tidur yang cukup, 7-8 jam saja semalam juga dapat membantu meningkatakan daya tahan tubuh Anda. Sebaliknya jika tidur yang kurang juga akan menurunkan imunitasi anda, sehingga Anda juga menjadi lebih rentan terkena atau mengalami komplikasi akibat dampak dari kabut asap
7.      Kenali gejala infeksi saluran nafas secara dini. Infeksi pada saluran nafas ini atas sering dialami juga akibat pada kabut asap. Batuk, pilek, dan sakit tenggorokan biasanya ini juga akan membaik dalam waktu 3-5 hari. Tetapi bila keluhan itu berlanjut, apalagi ada beberapa gejala lainya yang juga menyertainya. seperti sakit panas tinggi, tidak ada untuk nafsu makan, lemah letih lesu, sesak nafas juga, nyeri pada dada, maka Anda juga harus segera mendapatkan pertolongan dengan segra.
8.      Minumlah yang banyak. Minum air yang cukup ternyata juga sangat membantu mengencerkan sputum, dan juga dahak sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Dahak yang telah menumpuk dalam saluran pernafasan anda dapat memacu asma dan infeksi pada saluran pernafasn. Selain air putih air teh juga, apalagi tehnya hijau yang ditambahkan ke dalamnya sedikit lemon ataupun jeruk nipis yang keudian disedu hangat juga banyak sekali manfaatnya.
9.      Ikuti nasihat dokter Anda. Bila Anda sedang menderita penyakit paru-paru kronis seperti ashma, emfisema baiknya selalu ikuti nasehat dokter yang sedang merawat Anda, dan anda juga sebaiknya lebih sering lagi konsultasi daripada waktu biasanya.
10.  Ikuti informasi kualitas udara. Selalu mengikuti atau update informasi tentang bagaimana kualitas udara di tempat anda tentunya, dan tidak akan ke luar waktu ketika kualitas udara tersebut buruk dan juga membahayakan.
Demikian tips sederhana yang saya bisa berikan ini semoga bermanfaat.

0 Response to "Waspada Terhadap Kabut Asap! Ini Dia Cara Mengurangi Pengaruh Buruknya"

Post a Comment